Youngsters Dumai be Mangrove Heroes, Gerakan menanam 1000 pohon

Ini adalah sebuah tantangan dari Mandiri Youngsters yang berada di kantor pusat sana. Apa tantangannya? Membuat sebuah movement untuk lingkungan sosial yang bisa berlangsung secara terus menerus. Kita dari Mandiri Youngsters yang ada di kota Dumai berusaha untuk mewujudkan hal tersebut. Sempat beberapa kali ganti judul untuk meluluskan keinginan membuat sebuah Movement ini dengan berdiskusi antar tim. 

Ada sebuah gagasan yang berasal dari Danu, bagaimana jika kita bekerjasama dengan sebuah badan dalam bidang mangrove? Wah ini kita dapat ide yang bagus. Nah selanjutnya yang kami lakukan adalah mencari link untuk mewujudkan gagasan ini. Selanjutnya kami memutuskan untuk pergi ke Dinas Linkungan Hidup Kota Dumai dan dari sana lah kami mendapatkan informasi bahwa untuk tanaman mangrove bisa langsung ke Bandar Bakau. Siapa yang kami temuai di sana? Bapak Darwis, namanya.

Mulai pembicaraan

Kebetulan dari orang Dinas Lingkungan Hidup telah menginformasikan no handphone yang bisa kami hubungi untuk membuat janji. Maka segeralah kami menghubungi Pak Darwis untuk janji bertemu untuk membicarakan hal tersebut. Waktu itu yang bisa datang untuk membicarakan hal tersebut ada saya, Bagus, Kiky, Danu dan Yovit (sebelum si Yovit pindah ke Baganbatu).

Pada pembicaraan itu intinya niat kita untuk membuat acara penanaman Pohon Mangrove untuk mendukung kegiatan di Bandar Bakau. Oya tidak lupa juga menetapkan kapan waktu acara akan dilaksanakan. Hal lain yang dipersiapkan seperti konsumsi dan hal - hal lain yang mendukung acara tersebut.

Berlangsungnya acara

Ini adalah inti dari acara Mangrove Heroes ini, pada tanggal 28 Desember 2019 ini. Pada tanggal tersebut kegiatan ini berlangsung yang tepatnya di Sekolah Alam Bandar Bakau. Pada acara tersebut hadir Pak Yusran, Pak Didin dan para Mandiri Youngsters Area Dumai yang ada di Kota Dumai. Tentu saja tidak lupa para panitia acara juga datang.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Pak Yusran lalu disambung dengan kata sambutan dari saya sebagai Captain. Kemudian acara tersebut disambung dengan pemaparan tentang Mangrove oleh Pak Darwis sebagai orang yang ahli dalam bidang Mangrove.

Dalam acara tersebut beliau (red : Pak Darwis) menjelaskan tentang apa itu Mangrove lalu sejarah berdirinya Bandar Bakau serta manfaat dari Mangrove bagi daerah pesisir seperti Dumai. Ada yang tidak kalah kagumnya saya tentang buah Mangrove ternyata bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Itu adalah pertama kalinya dalam hidup saya mencoba minuman buah Mangrove.

Simbolis penanaman 1000 pohon Mangrove

Acara penanaman 1000 pohon Mangrove ini dilakukan setelah acara keliling Bandar Bakau yang pandu oleh petugas yang ada di sana. Setelah 30 menit keliling maka dilangsungkan acara simbolis penanaman pohon Mangrove. 

Acaranya ini berakhir dengan makan siang bersama di Sekolah Alam Bandar Bakau dengan hidangan yang telah disiapkan sebelumnya.

Harapan dari kami

Semoga 1000 Pohon yang kami tanam bisa menjadi salah satu upaya untuk menahan abrasi air laut di Kota Dumai.

Terima kasih sudah berkunjung di Yardumai Blog. Semoga artikel yang kami bagikan disini bisa memberikan inspirasi bagi kita semua. Cintailah Alam karena Alam diciptakan untuk kita jaga.